Tips Menggunakan Senapan Gejluk

  1. Jika senapan baru datang usahakan langsung dipompa dulu. Karena senapan yg datang dari kami biasanya dipompa hanya 200-300x pompa.
  2. Setelah senapan dipompa hingga penuh usahakan menembaknya dengan tarikan gigi yg kecil dulu (1 atau 2) karena senapannya masih baru.
  3. Usahaka dengan sangat SENAPAN JANGAN SAMPAI KEHABISAN ANGIN. Karena jika senapan kehabisan angin biasanya sering terjadi kebocoran.
  4. Jika memasukan pluru usahakan dorong dengan keras sampai plurunya benar-benar masuk dan dikunci grendelnya agar pluru tersebut tidak terbalik. Karna kalau mendorongnya kurang kuat biasanya pluru akan terbalik dan membuat pluru itu macet/tidak bisa keluar.
  5. Usahakan menggunaka pellet/pluru dengan kal. 4,5mm dan jangan lebih besar dari itu. Karena jika menggunakan pluru yg lebih besar akan merusak bagian lup anda kecuali senapan sudah dipakai selama berbulan-bulan
  6. Berilah minyak/pelumas pada bagian yg sekiranya kering dan perlu diberi pelumas ( stang pompa, shaker pompa ) biar tidak aus dan mompanya tetap ringan ( disarankan memakai minyak goreng. Karena lebih halus disenapan ).
  7. Jika anda menggunakan peredam. Pastikan peredam anda dalam posisi center / selaras / lurus dengan senapan angin anda. Jika peredam anda tidak center, maka hasil tembakan akan berpengaruh.
  8. Pastikan senapan angin anda tidak dalam keadaan gigi aktif. Netralkan posisi gigi jika anda tidak memakainya.
  9. Jika senapan angin anda mengalami kerusakan yang anda sendiri tidak sanggup untuk memperbaikinya. Bawalah senapan angin anda ke tempat servis senapan angin kepercayaan anda.
  10. Ingat, jauhkan senapan dari jangkauan anak-anak dan jangan menaruh senapan angin di sembarang tempat.
  11. Kalau anda sedang berburu atau sekedar mencoba-coba senapan angin. Pastikan senapan angin anda dalam keadaan terisi angin. Dan supaya senapan anda awet dan tidak mudah bocor / rusak. Cobalah tips berikut ini :
  • Senapan angin lebih baik dalam keadaan penuh (angin)
  • Setelah anda menembak 3x / 4x pada gigi 1 / 2 isilah angin dengan 50x pompa ( tergantung dari gigi yang anda tarik ). Baru setelah itu anda bisa menembak lagi
  • Sebaiknya jangan memompa secara berlebihan. Jika isi angin maximal 300 pompa. Jangan dipompa lebih dari itu karena, kalau di pompa berlebihan senapan angin akan mudah bocor / rusak
  • Jangan memompa banyak secara terus menerus. Sebaiknya pompa 50x dan istirahat 5 menit supaya pipa pompa tidak panas ( jika pompa panas klep akan terbakar ).

Cara Menggunakan:

  1. Buka pengunci pompa ( pada ujung senapan )
  2. Untuk mompa angin, injak besi pengunci kemudian angkat badan senapan sampai bunyi “ ces” lalu “ gejlukkan” badan senapan tersebut berulang ( seperti mompa motor) . Jika kira-kira 50 x pipa laras terasa hangat agak panas, maka hentikan 5 – 10 menit. Setelah agak dingin mompa bisa dilanjutkan kembali berulang seperti rentang waktu di atas sampai batas dan kapasitas angin yang telah ditentukan.
  3. Siap dipakai pada sasaran target. Mulai buka grendel tarik free, kemudian lanjutkan menarik grendel speed ( 1-5) sesuai kebutuhan target.
    Asumsi: :
    2 speed= Tembak burung
    4 speed= Tembak budeng
    5 speed= Tembak Babi
    400 x pompa, bisa dipakai sekitar 15x – 20x tembakan tergantung penggunaan grendel speed.
  4. khusus senapan ini sebaiknya angin tidak sampai kosong. Angin bisa disimpan untuk hari-hari berikutnya.

#CARA MEMPERBAIKI SENAPAN ANGIN GEJLUK (INTENSITAS RINGAN)

*Terjadi Kebocoran Karena Kehabisan Angin

Jika senapan angin anda mengalami kebocoran pada bagian ujung senapan ( bagian lup ) maka cara mengatasinya yaitu

  1. Tarik grendel pada posisi gigi aktif (1,2,3,~).Kalau grendel tidak bisa ditarik lepaslah popornya terlebih dahulu. Baru setelah itu senapan bisa dipompa kembali
  2. Senapan baru dipompa hingga angin tak bocor lagi ( biasanya dipompa hingga 200-300x pompa ).
  3. Angin akan mampet dengan sendirinya, kalau tidak mampet/tetap bocor berarti senapan harus diganti pentil tabung anginnya.
  4. Untuk mengetahui bocor tidaknya senapan angin. setelah tabung terisi ingin masukan kedalam air. Jika keluar gelembung besar & terus menerus berarti senapan dalam keadaan bocor. Dan bila gelembung yg keluar kecil & berkurang sedikit demi sedikit kemudian gelembung tidak keluar lagi, berarti senapan angin dalam keadaan normal.
  5. SEKALI LAGI PERINGATAN, SENAPAN ANGIN TIDAK BOLEH SAMPAI KEHABISAN ANGIN. JIKA TERJADI KEHABISAN ANGIN MAKA SERING TERJADI KEBOCORAN PADA SENAPAN ANGIN DAN SENAPAN AKAN MUDAH RUSAK. PAKAILAH CARA POMPA 50 TEMBAK 3-4 KALI (GIGI 2/1). CARA INI SANGAT BAGUS UNTUK SENAPAN ANGIN.
  6. GAMBAR INI YANG TERTERA HURUF A ADALAH SALAH SATU KERUSAKAN RINGAN SENAPAN ANGIN JENIS GEJLUK ,,,YAITU STANG POMPA TIDAK MAU DI KUNCIKAN ATAU TERUS MENEKAN KELUAR HAL INI DI SEBABKAN PENTHIL POMPA MENGALAMI KERUSAKAN YANG BERUPA PECAH ATAU KARENA ADA KOTORAN YANG MELEKAT PADA DINDING PENTHIL ATAU DINDING RUMAH PENTHIL,….PROSES PERBAIKAN KALO PECAH HARUS DI GANTI SPAREPART BARU ,….KALO HANYA KENA KOTORAN CUKUP DI BERSIHKAN SUDAH BISA DI PAKAI LAGI,….(SARAN KAMI SETIAP MENYIMPAN SENAPAN LEPASKAN PENGAIT ATAU PENGUNCI POMPA, SEHINGGA APABILA TERJADI KERUSAKAN SEPERTI DI ATAS ,TIDAK MENYEBABKAN KERUSAKAN LAINNYA YANG BIASANYA RUMAH PENGAIT POMPA IKUT TERLEPAS).UNTUK B ADALAH GAMBAR DARI SALAH SATU KERUSAKAN RINGAN / DASAR DARI SENAPAN ANGIN GEJLUK..YAITU PENGAIT ATAU PENGUNCI POMPA LEPAS SENDIRI……ITU DI SEBABKAN KARENA KLEP POMPA (yg terbuat dari karet sintetis) TELAH AUS.(sebab aus < klep pompa adalah sparepart senapan yang paling sering bekerja ,bergesekan dengan dinding tabung >)JADI KERUSAKAN ITU NORMAL NORMAL SAJA,…PROSES PERBAIKAN HARUS DI GANTI DENGAN SPAREPART BARU…TIDAK JALAN ALTERNATIF LAIN UNTUK KERUSAKAN INI ,,TETAPI YANG PERLU DICATAT KERUSAKAN INI TIDAK MENGGANGGU ANGIN SENAPAN(tidak bocor).

*Pluru Macet

Jika pluru macet / tidak bisa keluar plurunya, langkahnya :

  1. Tarik grendel pada gigi aktif.
  2. Keluarkan pluru menggunakan kawat tipis. Keluarkan dari ujung lup sampai plurunya terlihat dibagian kamer ( tempat masuknya pluru.)
  3. Keluarkan pluru yg macet tadi dan ganti dengan pluru yg baru dan tembakkan dengan gigi 2 atau 3.

    #Kapasitas Max. Pompa
 
Tabung Ø16mm ; = 300x- 500 x
Tabung Ø19mm ; = 550x – 750 x
Tabung Ø22mm ; = 750x -1000 x
Tabung Ø25mm ; = 900x – 3000x